Cara Memperbaiki Thumbnail Blog Tidak Muncul di Facebook Saat Dibagikan

Cara Memperbaiki Thumbnail Blog Tidak Muncul di Facebook Saat Dibagikan

HiPoin.com – Permasalahan thumbnail blog tidak muncul di Facebook mungkin pernah kamu alami bagi kamu yang sering membagikan blog atau situs yang kamu kelola ke Facebook. Walaupun jarang terjadi tetapi jika tidak kamu perbaiki masalah ini tidak akan hilang dengan sendirinya.

Baik menggunakan platform WordPress atau Blogger masalah ini sering saya alami. Misalnya begini, 1 dari 50 artikel yang saya bagikan ke media sosial Facebook pasti ada yang mengalami gagal menampilkan thumbnail atau featured image.

Ada beberapa penyebab yang bisa menyebabkan gambar blog tidak muncul di Facebook. Tetapi untuk kali ini saya tidak akan membahas mengenai penyebabnya karena saya akan membahas mengenai cara memperbaikinya dengan cara di Debugger di Facebook for Developers.

Bagi kamu yang seorang blogger atau publisher seharusnya tau tentang debug Facebook. Permasalahan gambar artikel tidak muncul di Facebook akan langsung di perbaiki dengan beberapa kali debug saja. Dengan cara ini saya jamin gambar thumbnail atau featured image yang awalnya tidak muncul akan muncul jika kamu bagikan lagi.

Bagaimana cara melakukan debug supaya thumbnail blog tidak muncul di Facebook bisa muncul seperti seharusnya? Caranya mudah sekali, setelah kamu melakukan debugging gambar pada artikel akan muncul saat kamu melakukan share artikel ke sosial media Facebook.

Supaya lebih jelas kamu bisa langsung baca tutorial dibawah ini supaya thumbnail atau featured image tidak muncul bisa diperbaiki. Bagi kamu yang menggunakan WordPress dan ingin menghilangkan pop-up Newsletter bawaan theme, kamu bisa baca artikel tentang menghilangkan pop-up langganan Newsletter yang sudah pernah saya bahas.

Cara Mengatasi Thumbnail Blog Tidak Muncul di Facebook

Langkah ke-1: Silakan kamu akses Facebook Debugger di Membagikan Debugger – Facebook for Developers

Langkah ke-2: Pada Alat Debug Berbagi, silakan kamu input url artikel yang thumbnailnya tidak muncul saat dibagikan ke Facebook

Solusi Thumbnail Blog Tidak Muncul di Facebook

Langkah ke-3: Setelah itu kamu klik Debug

Debug Situs di Facebook Debugger

Langkah ke-4: Terakhir pastikan pada Pratinjau Tautan ada gambarnya, yaitu gambar yang kamu gunakan sebagai featured image pada situs WordPress atau Blogger yang kamu kelola

Pratinjau Tautan Facebook Debugger

Langkah ke-5: Jika pada Pratinjau Tautan tidak muncul gambar, silakan lakukan debug 3x atau lebih sampai gambar thumbnail nya muncul

Nah itu dia cara mengatasi thumbnail blog tidak muncul di Facebook saat dibagikan. Cara diatas bisa kamu lakukan pada saat kamu membagikan artikel ternyata gambarnya tidak muncul. Selain di Facebook featured image tidak muncul juga sering terjadi di Twitter, Instagram, dan WhatsApp.

Semoga artikel ini membantu kamu saat masalah ini terjadi. Baik CMS Blogger atau WordPress cara ini bisa dilakukan. Tetapi jika yang bermasalah ada di internal website kamu harus memperbaikinya secara manual seperti pada WordPress.

Sebagai contoh penyebab thumbnail blog tidak muncul di Facebook karena ada salah satu script yang terhapus. Untuk masalah itu kamu harus mencari script mana yang terhapus. Setelah di perbaiki thumbnail akan muncul kembali tanpa melakukan debugger.