Tutorial Cara Menghilangkan Tombol Navigasi Xiaomi

Tutorial Cara Menghilangkan Tombol Navigasi Xiaomi

HiPoin.com – Hampir semua smartphone Android keluaran tahun 2019 yang menggunakan sistem operasi Android 9 Pie keatas sudah bisa menghilangkan navigasi bar atau navbar lewat pengaturan. Oleh karena itu kali ini saya akan membahas tentang tutorial menghilangkan tombol navigasi Xiaomi lewat pengaturan.

Untuk pengguna ponsel Android dengan Pure Android/AndroidOne, kamu bisa baca artikel tentang cara menghilangkan tombol navigasi di Android Pie. Karena ponsel Xiaomi berbeda dengan antar muka MIUI nya, sudah dipastikan nama fitur dan letak pengaturannya juga akan berbeda.

Bagi kamu pengguna ponsel Xiaomi yang sudah menggunakan MIUI 10 keatas, sangat mudah sekali untuk menghilangkan navbar di Xiaomi yang kamu miliki. Sama mudahnya seperti pada ponsel yang tergabung dalam project AndroidOne seperti Nokia.

Karena sangat mudah menyembunyikan navbar Xiaomi, hampir semua pengguna yang sudah ada fitur ini tidak lagi menggunakan tombol navigasi bar. Tombol navigasi digantikan oleh gesture yang lebih praktis serta bisa menambahkan bentang layar karena tidak ada tombol di dalam layar.

Supaya lebih jelas langsung saja kamu baca tutorial tentang cara menghilangkan tombol navigasi Xiaomi di bawah ini. Pada ponsel Xiaomi fitur ini bukan bernama Gesture, melainkan Layar Penuh. Tetapi fungsinya sama saja yaitu menghilangkan tombol navigasi di layar dan diganti dengan gesture.

Tutorial Menghilangkan Tombol Navigasi Xiaomi

Langkah ke-1: Kamu buka Pengaturan terlebih dahulu

Cara Menghilangkan Tombol Navigasi Xiaomi

Langkah ke-2: Gulir kebawah lalu pilih Setelan tambahan

Setelan Tambahan MIUI

Langkah ke-3: Di Setelan tambahan, silakan kamu pilih Tampilan layar penuh

Pengaturan Tampilan Layar Penuh

Langkah ke-4: Untuk mematikan tombol navigasi dan digantikan menjadi gesture, silakan kamu pilih Gerakan layar penuh bukan Tombol

Gerakan Layar penuh

Langkah ke-5: Pilih Nanti untuk melanjutkan atau Pelajari untuk belajar menggunakan fitur Gesture atau Gerakan

Pelajari Penggunaan Fitur Gerakan

Langkah ke-6: Terakhir navigasi bar di ponsel Xiaomi kamu akan langsung hilang. Mulai sekarang kamu sudah bisa menggunakan fitur gesture seperti pada iPhone X dan iPhone 11

Berhasil Mengaktifkan Fitur Gerakan

Sangat mudah bukan untuk menyembunyikan atau menghilangkan navigasi bar di Xiaomi. Jika kamu kesulitan dengan fitur gerakan kamu bisa memunculkan navigasi bar nya kembali dengan cara mengganti pengaturannya ke Tombol bukan Gerakan layar penuh.

Cara menghilangkan tombol navigasi Xiaomi bisa diterapkan di semua ponsel Xiaomi yang menggunakan MIUI 10, MIUI 11, MIUI 12, atau versi MIUI terbaru yang kedepannya akan ada. Untuk versi MIUI dibawah MIUI 10 saya tidak tau apakah ada fitur ini atau tidak.

Untuk jenis gesture mengikuti versi Android yang digunakan. Tetapi di MIUI antara Android 9 dan Android 10 memiliki gesture yang sama. Saya pribadi lebih suka gesture Android 9 Pie dari pada gesture miliki Android 10.