Cara Menampilkan Sentuhan Layar di Semua Ponsel Android

Cara Menampilkan Sentuhan Layar di Semua Ponsel Android

HiPoin.com – Bagi beberapa pengguna ponsel pintar Android menampilkan sentuhan bisa membuat kita tau bahwa kita sudah benar menekan bagian layar yang benar. Selain itu bagi Youtuber tutorial yang hanya bermodalkan video rekaman layar, menampilkan ketukan saat penting sekali untuk mendukung video mereka.

Kenapa bagi seorang Youtuber tutorial hal ini sangat penting? Supaya penonton tidak bingung kita menekan tombol apa, menu apa, atau pengaturan apa. Bisa dibilang dengan mentampilkan sentuhan penonton akan lebih terbantu untuk mengikuti step by step yang dijelaskan.

Bagi orang yang tidak paham fungsi dari tanda ketukan pasti akan berfikir hanya akan mengganggu pandangan kita saja. Padahal fitur ini memang ada fungsinya yang disematkan pada pengaturan Opsi Developer. Jadi untuk bisa menampilkan sentuhan kita tidak memerlukan aplikasi tambahan.

Jika kamu tidak suka dengan bulatan putih bekas sentuhan yang selalu muncul kamu bisa menonaktifkannya di Opsi Developer. Tetapi jika kamu membutuhkannya saat ingin recording layar kamu bisa mengaktifkannya kembali di pengaturan Opsi Developer.

Untuk lebih jelasnya kamu bisa lihat tutorial dibawah tentang cara mengaktifkan dan menampilkan ketukan di semua ponsel Android. Baik di Samsung, Oppo, Vivo, Xiaomi, Nokia, atau Asus karena semua ponsel Android sudah pasti memiliki fitur Opsi Developer.

Namun sebelum lanjut ke tutorialnya, kamu mungkin perlu tau cara menambah kapasitas RAM yang tersedia di ponsel yang kamu gunakan. Memang kita tidak bisa menambah RAM, tetapi kita bisa menambah kapasitas RAM yang tersedia supaya proses multitasking lebih lancar.

Cara Menampilkan Sentuhan di Layar Pada Ponsel Android

Langkah ke-1: Kamu buka pengaturan Opsi Developer, jika tidak ada saya sudah pernah memberitahukan bagaimana cara menampilkan Opsi Developer di Pengaturan

Cara Menampilkan Sentuhan di Opsi Developer

Langkah ke-2: Di menu Opsi Developer silakan kamu scroll kebawah dan cari pengaturan Tampilkan ketukan. Jika sudah ketemu silakan kamu aktifkan dengan cara menggeser tombol ke arah kanan

Aktifkan Tampilkan ketukan

Langkah ke-3: Jika sudah maka bulatan sentuhan akan muncul setiap layar disentuh

Bulatan Sentuhan

Terakhir yang perlu kamu ketahui, jika kita sudah menampilkan sentuhan dengan mengaktifkannya lewat Opsi Developer maka kita tidak bisa mematikan fungsi Opsi Developer. Karena jika kita mematikan fungsi Opsi Developer padahal Tampilkan ketukan masih aktif tetap saja akan otomatis hilang karena fungsi Opsi Developer tidak aktif.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang belum tau cara menampilkan ketukan dan sentuhan berupa tombol bulat yang selalu muncul di layar saat kita sentuh. Bagi sebagian orang menganggap ini sangat mengganggu, tetapi ada juga yang tidak masalah dengan ikon sentuhan ini.

Sebelum kita akhiri pembahasan mengenai cara menampilkan sentuhan di layar Android, mungkin kamu bisa baca mengenai efek dari menghapus data aplikasi Play Services. Saya yakin kamu juga penasaran apakah ada efek dari menghapus data aplikasi bawaan dari Google.